post Istimewa

Jumat, 24 Januari 2014

“Kahyangan” #Medan part 1


            Kahyangan atau kayangan (lidah orang jawa) adalah suatu tempat dalam mitologi Hindustan yang berarti tempat maha indah, tempat yang sempurna atau tempat terakhir yang menjadi tujuan semua orang yang pernah hidup untuk menikmati kehidupan yang kekal dimana mereka merasakan kenikmatan yang sempurna dan tidak pernah tersedia di bumi saat mereka hidup dan merupakan tempat segala permohonan dapat dikabulkan. Kita biasa menyebutnya dengan surga.
            Tapi kayangan dalam cerita gue kali ini berbeda men. Dan istilah “Kayangan” ini Cuma 7 orang yang tau. Siapa lagi kalo bukan gue, ratih “micin”, andhika, iin, ihsan,  anisa “pesut”dan champin. So, kita pingin kalian the readers  buat tau apa sih kayangan itu. Hehe.. bahkan tanpa sempat saling komando pun kita udah sepakat buat kasih nama kayangan. Senista perjalanan ribuan kilometer kita kemarin.
            Kayangan adalah julukan yang kita berikan buat maskapai mandala air (kini tiger airways - Singapore) yang udah ngantar kita terbang di atas awan. Jadi kejadiannya gini men…….--à -> (#baca tulisan berikut:…)
            Sek sabar,,,,, aku bingung ate ngetik opo! #loohhh (O.o)
            Keterbatasan dana bikin kita dengan rela hati beli tiket si kahyangan. Trus pas mau ditunggangi berangkatnya, kayangan Cuma nunggu kita 2 menit sebelum lepas landas dari  bandara internasional soekarno hatta-cengkareng. Maklumlah, dengan hina dan tanpa direncanakan kita hampir aja ditinggal “Macan” airways kita. Beruntunglah setelah kejadian lari-lari dalam bandara dan lari-lari di escalator, bus masih setia nganter kita ke pesawat kita ini men… jalanlah dia sampe bandara int. Kualanamu Medan. selama perjalanan aman-aman saja tanpa suatu pun yang janggal.
            Turun dari pesawat kita ganti naik bus Damri yang bakal ngantar kita ke kota Medan. sampai di kota Medan setelah perjalanan 2 jam dengan bus, kita berhenti di Medan Plaza sambil nungguin panitia. Karena berasa di PHP-in panitia, sambil menyelam minum air kita jalan sekalian keliling Medan Plaza. Niatnya juga Cuma liat-liat, soalnya kita abis kena ZONK di warung bakso depan mall. (Pastilah Jawa tempat paling murah buat belanja. Suerrr deh, u should believe me more J)
            Pas dilantai 3 Medan Plaza, di bagian elektronik. Micin, iin, ihsan, pesut, sama kakak champin pamit mau ke toilet bentar. Sementara gue sama kakak dika dengan barang titipan temen-temen berdiri dekat escalator.
“Tiiit…tiit…..tiit….ttiiittt…..”
Hp kakak dika bergetar, ringtone e-mail berbunyi dari hp android barunya. Sebuah e-mail masuk. And did you know where it come from? Yip yip ulalalaaa……


si ketum shock habis dapet e-mail dari kayangan
            Maskapai yang bakal kita pake buat pulangin kita ke Jawa kirim e-mail bro… isinya? Simple. Perjalanan pulang kita buat hari rabu pagi, 29 oktober 2013 ditunda jadi keesokan siangnya. Dengan alasan kalo pesawatnya sedang mengalami perbaikan. Sial nggak sih? Kalo kita nurutin tuh e-mail, kita bisa hangusin tiket pulang kereta api Jakarta-Malang. Soalnya, kita bakal sampai Jakarta sore trus keretanya berangkat siang sebelumnya. Trus untuk kereta ekonomi jarak jauh kalo pesen “go on” alias yang berangkat langsung hari ini, kemungkinannya kecilllllll banget bisa dapetin tujuh tiket itu. Trus kalo kita nekad pake maskapai penerbangan lain, kita udah terlalu kismin buat beli tiket pesawat lagi… mana uang yang bakal dikembalikan sama pihak kayangan minimal satu bulan baru bisa diproses… bisa gila kan kalo kita ngeyel maskapai lain atau minta uang ganti rugi L .

baru sekali telpon, durung sadar bencana delayed.
 Jadi dengan sisa-sisa perjuangan
~(--,--)~ kita kudu dapet tiket kayangan dihari yang sama. Entah apapun yang akan menghadang kita didepan #ngos-ngosan…
Selama kita ngikutin kegiatan di medan, kita selalu telponin pihak kayangan buat balikin tiket ke hari yang sama. Awalnya pas pertama kali nelpon, kita tersambung. Operratornya bilang bla..bla.. bla… eh, ketua umum gue si dika kagak paham. Dimatiin tuh sambungan telpon sambil nyampein hasil perbincangannya ke kita. Ok, kita nge-dealin tiket di hari yang sama. Nggak peduli berangkat pagi, siang atau malam…


entah ini inbox yang keberapa kalinya. sampe kusem bro

Tau gak sih????
sampe liat print itinerary nyungsep #semacamkaget
Setelah itu telpon kita nggak pernah tersambung sama pihak kayangan. Gue kontak lewat twitter tapi hasilnya tetep aja… aduh… tiket berapa juta itu sukses bikin kita nggak konsen belajar, ikut seminar, makan,,, yang kebayang Cuma tiket yang bisa nganterin kita pulang ke Jawa.
Bahkan pada satu sesi paling terkenang, kita bertujuh pernah diskusiin ini di depan mushola TBSU lewat tengah malam. Anak-anak dari semua kota di negeri ini lalu lalang, kita nggak peduli. Bahkan gue yang paling kenceng banget tangisnya. Gue gak rela kalo kita pulang telat. Sumpah men!!! Lue pasti langsung tengok ke arah gue yang waktu itu lagi lepas kendali ngutuk si kayangan yang tega nyengsarain kepulangan kita. Padahal kita kan baru datang di kota orang, eh udah dapat ujian lagi seberat itu… bencana… oh bencana…


Tiga hari… tiga hari sebelum telpon kita dapat respon dari kontak center kayangan. Selama tiga hari itu, nggak kebayang berapa banyak kita telpon kayangan. Udah telponnya cuma masuk pesan inbox, entah berapa ratus ribu yang habis buat miscall doang. Hahaha… tragedi e-mail kayangan sukses bikin kita tambah kismin aja beli pulsa..
Kayangan… oh kayangan…

So far, thanks. Lue adalah macan pertama yang bikin kita terbang dikayangan. Always lope you pull with all attitude… (kata anak-anak cowok, pramugarinya cuantik. bohay uey.) Haha.. one day klo ada lebih, pasti kita cari yang lebih bagus. Bye kayangan… J