Kahyangan atau kayangan
(lidah orang jawa) adalah suatu
tempat dalam mitologi Hindustan yang berarti tempat maha indah, tempat yang
sempurna atau tempat terakhir yang menjadi tujuan semua orang yang pernah hidup
untuk menikmati kehidupan yang kekal dimana mereka merasakan kenikmatan yang
sempurna dan tidak pernah tersedia di bumi saat mereka hidup dan merupakan
tempat segala permohonan dapat dikabulkan. Kita biasa menyebutnya dengan surga.
Tapi kayangan dalam
cerita gue kali ini berbeda men. Dan istilah “Kayangan” ini Cuma 7 orang yang
tau. Siapa lagi kalo bukan gue, ratih “micin”, andhika, iin, ihsan, anisa “pesut”dan champin. So, kita pingin
kalian the readers buat tau apa sih kayangan itu. Hehe.. bahkan
tanpa sempat saling komando pun kita udah sepakat buat kasih nama kayangan. Senista
perjalanan ribuan kilometer kita kemarin.
Kayangan adalah julukan
yang kita berikan buat maskapai mandala air (kini tiger airways - Singapore)
yang udah ngantar kita terbang di atas awan. Jadi kejadiannya gini men…….--à -> (#baca tulisan berikut:…)
Sek sabar,,,,, aku
bingung ate ngetik opo! #loohhh (O.o)
Keterbatasan dana bikin
kita dengan rela hati beli tiket si kahyangan. Trus pas mau ditunggangi
berangkatnya, kayangan Cuma nunggu kita 2 menit sebelum lepas landas dari bandara internasional soekarno
hatta-cengkareng. Maklumlah, dengan hina dan tanpa direncanakan kita hampir aja
ditinggal “Macan” airways kita. Beruntunglah setelah kejadian lari-lari dalam
bandara dan lari-lari di escalator, bus masih setia nganter kita ke pesawat
kita ini men… jalanlah dia sampe bandara int. Kualanamu Medan. selama
perjalanan aman-aman saja tanpa suatu pun yang janggal.
Turun dari pesawat kita
ganti naik bus Damri yang bakal ngantar kita ke kota Medan. sampai di kota
Medan setelah perjalanan 2 jam dengan bus, kita berhenti di Medan Plaza sambil
nungguin panitia. Karena berasa di PHP-in panitia, sambil menyelam minum air
kita jalan sekalian keliling Medan Plaza. Niatnya juga Cuma liat-liat, soalnya
kita abis kena ZONK di warung bakso depan mall. (Pastilah Jawa tempat paling
murah buat belanja. Suerrr deh, u should believe me more J)
Pas dilantai 3 Medan
Plaza, di bagian elektronik. Micin, iin, ihsan, pesut, sama kakak champin pamit
mau ke toilet bentar. Sementara gue sama kakak dika dengan barang titipan
temen-temen berdiri dekat escalator.
“Tiiit…tiit…..tiit….ttiiittt…..”
Hp kakak dika bergetar, ringtone e-mail berbunyi dari hp android
barunya. Sebuah e-mail masuk. And did you
know where it come from? Yip yip ulalalaaa……
si ketum shock habis dapet e-mail dari kayangan |
Maskapai yang bakal
kita pake buat pulangin kita ke Jawa kirim e-mail bro… isinya? Simple. Perjalanan
pulang kita buat hari rabu pagi, 29 oktober 2013 ditunda jadi keesokan
siangnya. Dengan alasan kalo pesawatnya sedang mengalami perbaikan. Sial nggak
sih? Kalo kita nurutin tuh e-mail, kita bisa hangusin tiket pulang kereta api Jakarta-Malang.
Soalnya, kita bakal sampai Jakarta sore trus keretanya berangkat siang
sebelumnya. Trus untuk kereta ekonomi jarak jauh kalo pesen “go
on” alias yang berangkat langsung hari ini, kemungkinannya
kecilllllll banget bisa dapetin tujuh tiket itu. Trus kalo kita nekad pake
maskapai penerbangan lain, kita udah terlalu kismin buat beli tiket pesawat
lagi… mana uang yang bakal dikembalikan sama pihak kayangan minimal satu bulan
baru bisa diproses… bisa gila kan kalo kita ngeyel maskapai lain atau minta
uang ganti rugi L .
baru sekali telpon, durung sadar bencana delayed. |
Jadi dengan
sisa-sisa perjuangan
~(--,--)~ kita kudu dapet tiket kayangan dihari yang sama.
Entah apapun yang akan menghadang kita didepan #ngos-ngosan…
Selama kita ngikutin kegiatan di medan, kita selalu
telponin pihak kayangan buat balikin tiket ke hari yang sama. Awalnya pas
pertama kali nelpon, kita tersambung. Operratornya bilang bla..bla.. bla… eh,
ketua umum gue si dika kagak paham. Dimatiin tuh sambungan telpon sambil
nyampein hasil perbincangannya ke kita. Ok, kita nge-dealin tiket di hari yang
sama. Nggak peduli berangkat pagi, siang atau malam…
entah ini inbox yang keberapa kalinya. sampe kusem bro |
Tau gak sih????
sampe liat print itinerary nyungsep #semacamkaget |
Bahkan pada satu sesi paling terkenang, kita bertujuh
pernah diskusiin ini di depan mushola TBSU lewat tengah malam. Anak-anak dari
semua kota di negeri ini lalu lalang, kita nggak peduli. Bahkan gue yang paling
kenceng banget tangisnya. Gue gak rela kalo kita pulang telat. Sumpah men!!! Lue
pasti langsung tengok ke arah gue yang waktu itu lagi lepas kendali ngutuk si
kayangan yang tega nyengsarain kepulangan kita. Padahal kita kan baru datang di
kota orang, eh udah dapat ujian lagi seberat itu… bencana… oh bencana…
Tiga hari… tiga hari sebelum telpon kita dapat respon
dari kontak center kayangan. Selama tiga hari itu, nggak kebayang berapa banyak
kita telpon kayangan. Udah telponnya cuma masuk pesan inbox, entah berapa ratus
ribu yang habis buat miscall doang. Hahaha… tragedi e-mail kayangan sukses
bikin kita tambah kismin aja beli pulsa..
Kayangan… oh kayangan…
So far, thanks. Lue adalah macan pertama yang bikin
kita terbang dikayangan. Always lope you pull with all attitude… (kata
anak-anak cowok, pramugarinya cuantik. bohay uey.) Haha.. one day klo ada
lebih, pasti kita cari yang lebih bagus. Bye kayangan… J