post Istimewa

Minggu, 02 Maret 2014

Hopefull, keliling East Java




The one and only place there I want to go is…… NUSANTARA… (Nusa = pulau, Antara = berjajar). Ya, sebelum jauh-jauh keluar. Pingin pake banget bisa keliling INDONESIA. Negeri yang sayang kalau kecantikan luar biasanya tertutup dengan korupsi tiada akhir, bencana alam dan masalah perebutan kekuasaan. Iyaaa kan Tjinta???

Ya, sebelum kaki menjejak negeri orang. Aku ingin banget bisa liburan keliling INDONESIA. Banyak tempat-tempat luar biasa yang bikin kita nggak berhenti nyebut nama Tuhan. The one and only, INDONESIA. mau pemandangan dengan gaya gedung-gedung kuno, gedung pencakar langit nan tinggi, pantai eksotis, buah-buahan tropis, pegunungan yang sejuk, air terjun yang tinggi dan deras, rafting, pesona bawah laut yang jernih buat diving dan danau berair jernih, mata air pegunungan, situs sejarah abad kerajaan. Hmmm… apa sih yang nggak ada di INDONESIA? bahkan gunung bersalju pun ada, Puncak Jaya Wijaya. Pegunungan di daerah tropis dengan SALJU ABADI. Amaizing….

air terjun coban perawan bareng sohib
Sebelum salah satu jari terselip cincin suci dan penghuni istana bersama (suami)…. Dimasa lajang ini, aku ingin keliling INDONESIA dan ketemu banyak orang. Mau itu bareng teman, keluarga or adik-adikku juga boleh blee…




Tapi sebelum menginjak NUSANTARA yang luas, minimal pulau ini saja. JAWA. Atau fokusnya dikecilin lagi jadi JAWA TIMUR deh. Biar nanti kalau ditanya orang, tau musti jawab apa. Ya kan? Ya to?... (udah, jawab iya aja). Ahaha

Ingin banget bisa jelajah daerah sekitar tempat tinggalku. Gunung Raung, Pantai Merah dan Taman Nasional Baluran + Taman Nasional Meru Betiri buat liat suku kerdil dan Banteng Jawa di Banyuwangi. Kawah Ijen yang penuh Belerang, Pasir Putih Situbondo yang tenang, Teluk Sukamade yang penuh dengan TELUR PENYU, distrik Garahan, diving di Teluk Bandealit, Pantai Pasir Putih Malikan di Jember. Dan itu semua BARU BAGIAN TIMUR JAWA TIMUR.

Belum lagi Air Terjun Madakaripura, Bromo dan Pasir Berbisik, Ranu Pane, Ranu Kumbolo, Padang Edelweis dan Puncak Mahameru… ya, Jonggring saloka. Yang dalam cerita pewayangan adalah Surganya Para Dewa, Bathara. Lanjut ke barat masih banyak lagi. Terutama di Kabupaten Malang tempatku tinggal untuk satu setengah tahun kedepan. Disini ada banyak air terjun yang indah, bahkan aku pernah jalan kaki empat jam bareng sohib-sobihku semua untuk nyari air terjun Coban Perawan yang airnya lebih dingin dari air refrigenerator. Bisa diam 5 menit aja di aliran kalinya termasuk keren. Paling ntar keluar-keluar udah kram, berasa mati atau masuk angin kedinginan. Pulau Sempu dengan Laguna yang luar biasa Sempurna, Kota Wisata Batu, Rafting di daerah Ngantang kabupaten Malang yang akhir-akhir ini terkenal gara-gara jadi daerah terparah pasca erupsi Kelud.

Kurang apa lagi coba? Hah? Apah??? Masih kurang???

Tenang,,, destinasi-nya tidak berujung. Yang suka sejarah pasti tahu kekuasaan Raja Majapahit di jaman Raja Hayam Muruk dengan Patih Gajah Mada. Peninggalannya di Situs Trowulan kabupaten Mojokerto juga luar biasa, banyak candi-candi di Jawa Timur. Ada Candi Badut, Candi Kidal, Candi Bululawang, Candi Penataran dan masih banyak lagi situs sejarah. Tak luput, makam penggagas negeri ini.  
The Founding Father of INDONESIA, Ir Soekarno di Blitar.

erupsi kelud. dokumentasi dari sini
Gunung kelud di perbatasan Malang-Kediri yang akhir-akhir ini aktif, termasuk aktif bikin Anak Kelud yang makin lama makin tinggi. Nggak terlalu tinggi juga sih, tapi letusan bulan lalu bisa mencapai ketinggian 17 km ke udara. Semburannya udah sukses bikin Yogyakarta dan sekitarnya dapat pasir gratis. Rumah teman-temanku di Kediri aja banyak yang asbes pelatarannya ambruk. Kediri juga nyimpen banyakkkkkkk banget cerita, mulai dari Kerajaan Panjalu-Kediri, Cerita Dewi Sekartaji dan Pangeran Panji Asmorobangun. Raja Gajayana, Kerajaan Kanjuruhan, Poh Sarang berair jernih dan bunga teratai yang melambangkan kesucian.

Have you remember  kalau kita punya hari nasional yang diperingati tiap tanggal 10 November? Yuppy.. yuppy ulallaaaa…. Surabaya yang terkenal sebagai kota pahlawan diangkat di tanggal ini. 10 November diperingati sebagai hari Pahlawan gara-gara arek-arek suroboyo yang berjuang keras mengusir penjajah dari kota Surabaya dengan lambang penyobekan bendera Belanda, Merah Putih Biru di atas hotel Yamato… yang sekarang jadi Hotel Majapahit, langganan turis dengan budget luar binasa bleee… Jembatan Merah, Galangan Kapal and…. Eitsss…. Lima dari Sembilan wali yang terkenal dengan sebutan Wali Songo ada di Jawa Timur… horrayyyy…… aku udah pernah kesana. Suasana religi yang penuh dengan haru biru umat yang membutuhkan pertolongan di sekitar komplek pemakaman keturunan Majapahit itu.
di atas museum perjuangan Surabaya

Belum lagi Pantura, Pantai Utara Jawa berombak tenang penuh misteri. Ekh, bahkan Pulau Madura yang notabene masih wilayah Jawa Timur pun punya kebudayaan yang beda jauh sama Jawa. Bahasanya terdengar lebih kasar dan sangat berbeda dengan penuturan Bahasa Jawa. Wow… disana ada banyak tambak garam, pantai Lomang, satu-satunya pantai yang ditumbuhi Pohon Cemara Udang. Belum lagi orang-orang yang tinggal di pulau terisolir seperti pulau Sapudi, pulau Raas dan lainnya. Temennya temenku yang asli sana aja butuh lebih dari seminggu hanya untuk bisa ke Malang. Maklum, perjalanannya tergantung banget sama ombak. Hahah…. Hina bleeeh..

Touring Jawa Timur, masih belum cukup loh. Ada banyak lagiiiiiiiiiiiii….. gilak men, mau nulis berapa halaman aku… keju.. mana keju…. (baca keju pada bengis. Yups, capek) tapi demi Jawa Timur, apa sih yang nggak? Ya to? Ya kan? Udah ,,, iya in aja… L
Ada Tlogo Ngebel di Ponorogo, suasana yang masih penuh dengan kearifan masyarakatnya yang cinta pake banget pada Budaya Reog dan Jaranan. Gua Maharani, Situs Trinil di Kabupaten Ngawi yang banyak banget situs purbakala semacam homo majakenensis, soloensis dari jaman pleistosin bawah, megalitikum or jaman batu. (aku ngomong opo toh iki J kq seru banget). Hehe
alun-alun Ponorogo berhiaskan kearifan budaya setempat

Air terjun Tirtosari, Telaga Sarangan dan kita bisa naik Gunung Lawu, perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah. Masih berjibun lokasi luar biasa di sini, provinsiku,,, Jawa Timur… eits,,, ini belum wisata kulinernya loh. Ada yang luar biasa disini, ekstrim juga ada… mau tau? Mau tau banget? Kq kepo sih???


ini pas di alun-alun Madiun
Nggak,,, jangan ngambek dulu. Pisss….. Kamu belum pernah cobain Rempeyek Belalang Jati atau Rempeyek Laron. (entah karena rakus atau karena enak, aku nggak tau asal muasal cerita makanan ini. Sumpah!). ada Tumis Ulat Kepompong Pohon Jati, Rujak Cingur(hidung Sapi), Rujak Soto khas Banyuwangi, Soto khas Lamongan, Soto Tamanan khas Kediri, Pecel Kediri, Pecel Madiun, Brem, Prol tape yang lebih enak dari Browniess, Suwar-Suwir, Tahu khas KEDIRI yang enakkkkkk banget… udah, ngilerrrrrrr aku ngomongin makanan. Belum yang Lontong Balap, Kupang Lontong, TIWUL khas Trenggalek, udah… udah… kamera.. mana kamera…. Aku angkat tangan…. #kaburrr…..

Ya, cukup… Minimal Jawa Timur yang indah ini harus udah aku jelajahi semua .. semuaaaanyaaaa…. Hopefully … #rogohkantong #before2017 #bank_mana_bank…. 


tulisan ini diikutkan dalam GA MyDreamVocation yang diselenggarakan oleh mak Indah