post Istimewa

Sabtu, 02 November 2013

MEDAN……………… a part that becomes true


Semoga judul diatas menarik hati elu buat baca tulisan gue tentang MEDAN, perjalanan pertama gue ke luar Jawa. Medan pertempuran antara niat, kesempatan, dan finansial. Didalemnya banyak bumbu kehidupan yang bikin rasanya tambah seru. Medan di akhir oktober 2013, baru saja berlalu pergi. Padahal gue masih belum menginginkan kesadaran hinggap disini, biar brasa masih di Medan. Ya… Medan yang keras bung!.
Awalnya, udah sejak setahun lalu gue berencana bisa pergi ke medan dalam sebuah event nasional. Mulai dari bab niat itu, harus ada misi biar niat gak sebatas keinginan. Tapi bisa dirasionalisasikan dan becomes true. Banyak hal yang udah gue upayakan biar bener-bener bisa terbang. Menabung, berhemat ria, bekerja, meminta sumbangan dan beberapa hal kecil lain yang mungkin secara finansial bisa dibilang *Percuma, Less time*. Sebagai anak ekonomi, kerasa banget kalau yang kita kumpulin berupa pecahan kecil dari mimpi. Tak apa, satu impian udah benar-benar dilukis disini *tunjuk kening* . apapun yang terjadi, harus berangkat. Man jadda Wa Jadda…
Buat pergi keluar kota itu nggak berat menurut gue. Soalnya emang gue hoby banget sama yang namanya backpackeran. Bedanya, kalau ke Medan kita kudu naik pesawat. Yang namanya backpacker naik pesawat pasti high di budget. Ini nih tantangan paling nyata yang terus muncul. Mungkin dengan nggembel kita masih bisa ke jogja, Jakarta. Tapi kalau ke medan, mau nggembel nebeng apa coba. Mana kurs di luar jawa beda banget. Jadi berasa kismin buanget. Ciyus…. -_-
Sejak punya niat buat kesana, gue awali mimpi gue dengan nabung. Ada sebuah tabungan bentuk tabung bergambar princess yang menarik perhatian gue setahun lalu. Tanpa pikir panjang, gue beli saja tempat koin itu. Awalnya rajin buat ngisi tiap hari, minggu, bulan…. Terus kadang lupa entah udah berapa bulan nggak nabung lagi. Haha… mana nabungnya pakai uang sisa. Itu pun mendekati September kemarin, gue sempat nggak punya duit sama sekali. Mana teman sekamar pulang kampung, akhir pekan, teman-teman pada pulang semua juga. Narik ATM kagak mungkin banget, isinya habis nggak bersaldo. Ortu juga niat ngirim senin depan. Terus jatah makan gue??? Akhirnya tanpa sepengetahuan temen kamar gue, boyfie gue sama sohib-sohib gue. Gue ambil pisau trus gue buka paksa tuh tabungan.
Begitu ngitung isinya. Sumpah, sial.. sial… udah deh, gue kasih saran nih ya. Jangan berharap mendapatkan sesuatu dari sisa-sisa yang lue kumpulin. Udah sisa, sekenanya, nggak rajin nabung pula… jadi, isinya emang nggak bener-bener bisa diharapkan deh. Karena bagaimana pun juga, itu adalah uang hasil perjuangan gue selama setahun. Akhirnya minggu depannya pas gue pulang kampung, uang itu gue bawa pulang dan gue kasihkan adik gue gitu aja. Gak tega gue buat makan uang itu, serius… masak usaha gue selama setahun terus belum sampe niatnya udah kubobol duluan. Pake pisau lagi. Hina banget kan –-“.. nyesel banget dah pokoknya. 


Trus sempet kerja di daerah rumah gue sendiri. Pas ketepatan sama musim tembakau. Mulai dari bangun subuh, pagi, siang, sore bahkan kadang sampe malam ngurusin tuh tembakau. Hasilnya pun juga gak bisa disebut membanggakan. Mana badan gue tambah remek, dompet gue kagak tebel-tebel. Sial.. sial… pernah juga pas malam takbir lebaran Ied kemarin gue sama orang serumah kerja ngurusin tembakau sampai jam 2 dini hari. Bisa bayangin nggak? Capek kan? Itu juga sama ngurusin panenan padi, soalnya udah selesai dijemur. Jadi malam itu harus diangkat ke lumbung. Lebaran Ied dan bulan puasa yang paling berat dalam hidup. Sekali lagi, karena niat gue supaya bisa terbang ke medan.
Jatah makan… siapa sih mahluk kos-kosan yang bisa makan gratis setiap hari? Kagak ada kan?. Makanya, demi niat itu juga gue harus menghemat jatah makan. Kek mana caranya biar gue sebisa mungkin nggak ngeluarin duit buat makan. Ikut organisasi, ngikuti seminar-seminar, traktiran temen-temen, kadang sempet nebeng makan, buk kos yang baik yang kadang suka nyuruh tapi dikasih fee makan gratis, mbak-mbak kosku yang tau banget finansialku. Waktu masuk awal semester lalu pun gue juga bikin misi baru. Yaitu nggak akan pernah makan ayam kalau beli sendiri. Sebisa mungkin makan sayur, sayur sama sop aja biar tambah irit. Puasa daud sesering mungkin biar tambah hemat. Tapi karena niatku agak gak baik. Malah hampir tiap hari gue makan ayam sama telur gratis. Akhirnya… tubuh gue sendiri yang ngeboongin niat gue. Sumpah… lue tau kenapa??? Gue jatuh sakit, alergi kambuh dan lambung gue makin parah aja…
Kagak Cuma itu doang. Kagak Cuma tubuh gue yang boongin niat gue. Motor gue… motor… vario matic gue dengan hinanya malah bikin dompet gue tambah tumpes gara-gara buat jalan kesana kemari. Nyari kantor-kantor yang…… (tau juga kan kalau beberapa minggu sebelum fix berangkat, hp gue ilang. Jadi udah ketimpa sial, masih ngurusin 2 sim card yang beda operator. 3 no rekening yang beda bank gara-gara lupa pin sama keblokir) …… yang bikin kita berasa bego udah pake berderet-deret kartu. Coba deh kalau di negara kita itu antara SIM, KTP, ATM, Asuransi, Pajak, dll jadi satu (>.<). Kan kalau ngurus gak perlu kesana-kemari…
Seperti itulah kira-kira romantisme perjalanan hidup gue sebelum gue berhasil terbang ke medan. kehidupan gue udah banyak ngebooing niat gue yang paling mulia. Beasiswa gue juga udah langsung ludes.  Sumpah… medan itu KERAS bung. Dan gue udah ngebuktiin seberapa hinanya kebohongan di diri gue sendiri…  Horas!!!