post Istimewa

Rabu, 27 November 2013

Satpam-Satpam .. Tumben

Guys… you know what? L. Kali ini gue mau nulis kejadian yang 2 jam lalu baru nimpa gue. Belum ada dua jam sih sampe nih tulisan gue publikasiin. Hmm.. gimana ya?, ini menyangkut ketegasan Tugas seorang Security. Simple, tapi ada kaitan sama penerapan dan pelaksanaan tugas mereka. Eh, bukannya eike mau ngubek-ngubek model begimane. Cuma, mungkin ini bisa jadi pelajaran buat kita, generasi calon penerus bangsa.
Jadi, kamis siang ini tepat jam 12:15 ada UTS salah satu matkul gue. Kampus gue kayak kampus negeri umumnya, Cuma bonafit sejak jaman bahoela gara-gara mendalami “Keguruan”. Jadi, mahasiswanya kebanyakan kalau udah lulus bakal jadi Sarjana Pendidikan. Pastilah kebanyakan dari mereka jadi Guru. Digugu lan ditiru…maklum, mantan IKIP.
Waktu gue berangkat sama temen kelas gue, namanya Ruth. With beloved Varia(nama motor gue) dengan indahnya nyetir sambil kayang… sampai jalan Surabaya, kita belok kiri masuk kampus. Kebetulan tuh yaa, diportal masuk yang jaga itu nggak kayak biasanya. Ada dua petugas tiket, tentara sama Komandan Satpam (yang biasa tak kasih surat ijin kebisingan) yang nongol di pintu masuk.
Nah, dengan indahnya pula. Gue masuk aja ke kampus, nyelonong bak pemakai jalan yang taat bayar pajak. Disitulah… disitulah…. Disitulah inti tulisan gue. Pak komandan panggil nama gue sambil teriak.
“Mbak… Mbak… berhenti mbak…” komandan satpam.
“…” gue berhentiin motor, jantung gue kalang kabut. Gak biasanya gue disetop gak boleh masuk kampus.
“Sepedanya ada stikernya mbak?”
“Kagak pak. Tapi saya udah bayar karcis parkir tadi pagi.” Jawab gue.
“mana mbak, saya lihat”
Gue buka kantong samping backpack sambil nyari tuh kertas parker ukuran 15x10 cm. pas gue ambil, yang keambil karcis parker warna putih. Yang buat masuk kampus kemarin.
“loh..loh.. ini karcis apa ini? Kenapa nggak dibuang? Mbak simpan karcisnya ya?” nyerocos sambil ngomong blah.. blah..blah.. pake nuduh-nuduh segala.
sek to pak, yang ini loh.” Wambil nunjukin karcis warna pink.
Sebelumnya, pak komandan udah muka serem bentak-bentak gue didepan antrian yang tambah panjang gara-gara gue gak lolos masuk kampung.
“Kenapa yang ini nggak dibuang mbak?” tunjukin karcis warna putih.
Dalam hati gue, suka-suka gue dong pak. Mau simpen, mau tak bakar, mau tak makan atau mau tak apain juga terserah gue lah. Orang udah ditebus gopek kok. Lagian hampir tiap hari gue masuk kampus pagi trus pulang malam, diatas jam 10 pas portal udah tutup dan satpamnya nggak jaga atau mintai nih karcis.
“saya kalau keluar selalu pakai STNK kok pak. Lagian percuma ngeluarin karcis. Toh juga tetep nggak boleh keluar kampus juga kalau Cuma karcis.” Cerocos gue marah-marah.
 Malah bisa-bisa diminta KTM atau KTP-nya bisa kena sita. Sedangkan, lue pade kudu tau ya. Orang yang bikin KTM gue rusak & gag Nampak mukanya itu para satpam Ambarawa kampus gue. Gara-gara pas ada event, gue pinjam motor temen trus lupa pinjam STNK. Akhirnya KTM gue disita, siangnya KTM itu tak tebus. Eh, lha kq di foto KTM gue, bibir gue dicoretin sama pen warna merah. Sial nggak!!!  Gue marah-marahin tuh satpam dulu, trus tak kesih bensin foto KTM-q. jadi…. Dengan indah pula foto gue di KTM gue gak berbentuk lagi L
Trus habis gue maki-maki, tuh satpam bolehin gue masuk. Sambil masih panas, ruth kasih gue saran.
“Eh dy, kalau ada orang kayak gitu jangan kamu ladenin. Kayak gitu mah keliatan bego-nya kita.” Ruth said.
Bener juga sih kata temen gue. Kalau ngeladenin kayak gituan. Bakal keliatan betapa nista dan bego’nya kita brey. Ya,,, semacam berita-berita artis di TV negara kita.
Tumben kali ini pak satpam banyak bacot. Bahkan tiap pertigaan atau perempatan atau gedung rektorat ada satpam yang berdiri. Siang-siang ble.. jam 12.15. tumben banget…………
Ternyata, hari ini dikampus gue ada kunjungan dari Kedutaan Besar Jerman untuk Indonesia.
Hahaha…. Akhirnya gue ujian Industri sambil mikirin satpam-satpam yang tumben taat…
Oia, mengenai kebijakan tuh. Harusnya pak satpam yang teges. Kalau emang masuk dikarcis ya harusnya pas keluar boleh aja asal tunjukin karcis. Kalau harus pake stiker yang harganya lahaM itu ya ditegesin lagi peraturan sama realitasnya dilapangan. Hmm… intine, sing nggenah lah pak Satpam J